Selasa, 9 Januari 2024

MANUSIA BIJAK.

 

MANUSIA BIJAK.

Menjadi manusia baik itu sulit tetapi lebih sulit lagi menjadi manusia bijak.
Bijak itu ertinya tindakan yang selalu mengedepankan pemakaian akal Budi dalam setiap hal.
Menjadi manusia bijak itu tidak boleh diukur dari umur, tua atau muda. Tidak boleh dinilai dari penampilannya. Semuanya dinilai dari ucapan, sikap tindakan, tingkah lakunya dan kemampuan memahami makna kehidupan.
Menjadi manusia bijak itu boleh didapatkan dengan melepaskan ego dan keangkuhan, menjadi pribadi yang rendah hati, sabar dan cerdas dalam mengendalikan emosi.
Manusia bijak itu menjaga lidahnya, hati2 berbicara, selalu menjaga hatinya sendiri dan menjaga hati orang lain, jangan sampai lidahnya melukai hati orang lain.
Manusia bijak itu berbudi pekerti luhur, beradab, sopan santun dan tidak memotong pembicaraan sampai orang lain selesai bicara.
Lebih baik diam dari pada bicara yang tidak bermanfaat.
Manusia bijak itu memiliki kedamaian batin, ketenangan dan kejernihan pikiran, selalu bersikap jujur, tidak dendam, mudah memaafkan dan tidak pernah lari dari tanggung jawab.
Manusia bijak itu tidak melihat keluar tetapi melihat kedalam dirinya, selalu koreksi, introspeksi diri dan tidak anti kritik.
Manusia bijak itu mampu mengendalikan diri, menghindari Amarah dan iri dengki, tidak baperan dan memiliki kehati2an.
Manusia bijak itu selalu merendah, tidak pernah tinggi hati meskipun memiliki ilmu yang tinggi, terus belajar dan tidak pernah merasa paling pintar dan tidak pernah merasa paling benar.
Manusia bijak itu berwawasan luas, cerdas, memiliki tujuan, berpikir kedepan dan menjadikan masa lalu pelajaran, memiliki ketajaman pikiran, selalu berpikiran positif dan Arif dalam mengambil keputusan.
Manusia bijak itu menciptakan dampak positif didalam kehidupan untuk dirinya sendiri dan masyarakat luas.
Manusia bijak itu hidupnya bahagia, didalam cinta kasih dan berjalan dijalan kemanusiaan.
Manusia bijak itu memiliki kemampuan untuk menjawab pertanyaan, memiliki kemampuan menghadapi kesulitan, memiliki kemampuan menyelesaikan masalah dibawah situasi yang sulit penuh tekanan.
Manusia bijak itu memiliki akal sehat dan mata hati yang tajam sehingga boleh melihat kebenaran, sehingga tidak boleh dibodohi oleh fitnah dan menyesatkan, tidak boleh dibodohkan untuk turut serta menyebarkan fitnah.
Manusia bijak itu tidak akan pernah mau mendengki, membenci, menghasut, menuduh dan menghakimi orang lain.
Manusia bijak itu tidak akan pernah mau menghina, menghujah, mencaci maki dan merendah orang lain.
Manusia bijak itu menghindari berdebat, tidak akan pernah mau berdebat apalagi berdebat untuk mencari kemenangan dengan merendahkan, menghina dan memfitnah untuk menjatuhkan demi ambisi untuk berkuasa.
Manusia bijak itu tidak mau menyerang dengan tujuan merusak karakter orang lain, tidak mau bicara etika/moral orang lain, selalu menghargai dan menghormati.
Sifat bijak, bijaksana, merupakan salah satu kualitas manusia yang paling dihargai yang tidak dimiliki semua orang.

Belajarlah menjadi manusia baik dan bijak.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

KONSEP NUR MUHAMMAD DI DUNIA MELAYU - Siri Penutup

  KONSEP NUR MUHAMMAD DI DUNIA MELAYU - Siri Penutup Penulis : DR. MUHAMMAD ‘UTHMAN EL-MUHAMMADY (UEM) (Jabatan Mufti Negeri Sembilan hanya ...